Teaser Film lewat Tes Mirip Karakter Film Menggunakan Instagram

Dalam promosi film, teaser menjadi salah satu cara yang cukup penting untuk membuat konsumen tertarik (appeal)  terhadap sebuah film. Teaser ini biasanya dalam bentuk poster atau video berdurasi kurang dari 1 menit. Berbeda dengan trailer dan official poster, teaser ini biasanya hanya memberikan cuplikan foto atau adegan yang masih akan membuat konsumen dan bertanya-tanya.

Belakangan ini, ada satu film yang menampilkan teaser dalam bentuk yang cukup unik. Film ini memunculkan teaser dalam bentuk tes atau kuis kemiripan dengan beberapa tokoh dalam film tersebut. Kalau biasanya tes kepribadian online dilakukan melalui situs internet, tes kepribadian ini dilakukan menggunakan media sosial, yaitu Instagram.

Film yang menggunakan teaser unik ini adalah film Bulan Terbelah di Langit Amerika (BTLA). Film ini merupakan film adaptasi dari buku yang berjudul sama yang dikarang oleh Hanum Rais dan Rangga Almahendra. Film BTDLA ini bisa dibilang sekuel dari film 99 Cahaya di Langit Eropa. Oke, di sini aku tidak akan cerita panjang lebar tentang buku atau filmnya, takutnya spoiler. Kita kembali ke teaser-nya ya.

Teaser berupa tes kepribadian ini, akan mencoba menebak kepribadian kita berdasarkan 4 (empat) tokoh di film ini. Keempat tokoh itu adalah Hanum, Rangga, Stefan dan Azima. Logika dari tes kepribadian ini sebenarnya saling menghubungkan beberapa akun instagram. Ketika kita memilih satu gambar dalam akun tersebut yang sesuai dengan kepribadian kita, akan muncul tag untuk akun lanjutan yang sesuai. Setiap gambar akan terhubung dengan akun berbeda, tergantung jawaban yang kita pilih. Sampai akhirnya kita akan terhubung pada gambar terakhir yang memunculkan tokoh yang sesuai dengan kepribadian kita.

Bingung? Baiklah aku coba contohkan tes kepribadian yang aku lakukan melalui teaser ini ya.

Pertama, masuk ke akun Instagram @hanumrais atau @bulan terbelah. Di kedua akun Instagram ini terlihat satu buah gambar yang tersusun dari grid 2×3. Gambar ini bertuliskan “Temukan Dirimu Dalam Karakter Bulan Terbelah di Langit Amerika” yang di bawahnya terdapat tulisan “Start Here”. Untuk memulai tes, klik gambar yang ada tulisan “Start Here” tersebut.

Temukan Dirimu dalam Karakter

Temukan Dirimu dalam Karakter “Bulan Terbelah di Langit Amerika”

Ketika kita tap gambar “Start Here” tersebut, kita akan terhubung ke akun @btdla_quiz_start. Pada akun @btdla_quiz_start sebagai pertanyaan pertama ini, pertanyaannya adalah “Negara manakah yang paling ingin kamu kunjungi?”. Setiap jawaban yang kita pilih akan terhubung ke akun lain. Dan setiap akun akan memiliki satu pertanyaan pula. Dalam pertanyaan pertama ini ada 9 pilihan jawaban, berisi beberapa gambar ikon wisata di beberapa negara. Aku memilih gambar Candi Borobudur, yang artinya memilih Indonesia, negara sendiri. Bukan karena aku tidak ingin ke luar negeri, tapi negara lain tujuan pertamaku adalah Arab Saudi

Negara manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Negara manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Setiap jawaban negara di pertanyaan @btdla_quiz_start akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda-beda. Jadi bisa saja nanti beberapa pertanyaan yang aku dapatkan di tes ini tidak didapatkan oleh teman-teman yang memilih negara berbeda dengan negara yang aku pilih.

Setelah memilih Candi Borobudur, aku terhubung dengan akun @menuju_pertanyaan_2b. Pertanyaan dalam akun ini adalah “Barang apakah yang tak pernah lepas darimu?”. Dari 9 jenis barang, aku memilih gambar notebook alias buku agenda. Meskipun aku tidak setiap saat membawa agenda, tapi smartphone-ku sudah mulai beralih menjadi agenda. Beberapa catatan penting sudah beralih dalam Notes di smartphone.

Barang apakah yang tak pernah lepas darimu?

Barang apakah yang tak pernah lepas darimu?

Selesai memilih buku agenda, aku terhubung dengan akun @menuju_pertanyaan_3c. Sekali lagi, teman-teman mungkin akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda ya. Nah di akun @menuju_pertanyaan_3c ini pertanyaannya adalah “Apa yang kamu lakukan di waktu luang?”. Jawabanku adalah gambar seorang anak laki-laki membaca buku di jendela. Yeahh, it’s me, yang lebih suka menghabiskan waktu dengan membaca buku.

Apa yang kamu lakukan di waktu luang?

Apa yang kamu lakukan di waktu luang?

Karena memilih gambar membaca buku tersebut, aku terhubung dengan akun @menuju_pertanyaan_4e. Pertanyaan di akun ini adalah “Apa mimpi dan harapanmu?”. So simple, aku memilih gambar sebuah keluarga yang sedang bermain ketika senja. Caption dalam gambar tersebut adalah “Memiliki keluarga kecil yang indah adalah tujuan hidupku”. Ternyata pertanyaan tersebut adalah pertanyaan terakhir, karena kemudian aku terhubung dengan akun @karakter_btdla_b. Dan jreng jreng, yang muncul di akun tersebut adalah gambar salah satu tokoh di film BTDLA ini yang dibuat dalam bentuk grid 5×3.

Apa mimpi dan harapanmu?

Apa mimpi dan harapanmu?

Tokoh ini adalah salah satu tokoh sentral di film BTDLA ini. Seorang perempuan yang cerdas, pekerja keras dan berani. Dia adalah Hanum. Menurut kalian cocok ga sih dengan aku? Hahahahaha

Hanum, sosok yang cerdas, pekerja keras dan berani

Hanum, sosok yang cerdas, pekerja keras dan berani

Untuk membuat teaser ini memang agak rumit, perlu logika dan ilmu psikologi juga. Tapi setidaknya sebagai teaser, model tes kepribadian ini cukup menarik. Apalagi kalau kita follow akun Instagram di karakter yang sesuai dengan kita, katanya bisa dapat kesempatan bertemu dengan karakter kita tersebut.

Tertarik dengan tes kepribadian ini? Bisa dicoba buka di akun Instagram @hanumrais atau @bulanterbelah.

Tertarik dengan filmnya? Official Trailer ini sudah keluar ternyata. Bisa coba dibuka di Youtube dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=Bq56sC48hu8.

Film ini cukup menarik, karena mencoba menguak beberapa fakta terkait Islam di peristiwa 9/11. Mari kita tunggu film ini dirilis. #AyoNontonFilmIndonesia

Advertisements

2 thoughts on “Teaser Film lewat Tes Mirip Karakter Film Menggunakan Instagram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s