Duel Otak, Sejauh Mana Pengetahuanmu

 

Beberapa bulan terakhir ini, lagi ngehits banget satu games di smartphone yang namanya “Duel Otak”. Pertama kali diajak main ini sama teman se-geng kampus yang di Surabaya, kira-kira sebulan yang lalu. Sebut saja nama grup WA kami “Geng Surabaya”. Sampai-sampai kami harus impor satu teman dari Jakarta untuk masuk ke grup ini demi membahas game Duel Otak.

Permainan ini semakin banyak diminati, dilihat dari beberapa postingan di Path hasil dari permainan Duel Otak ini. Bahkan kami sempat berpikiran membuat kompetisi Duel Otak. Tapi ternyata sampai hari ini masih belum terlaksana. Awal-awal keranjingan Duel Otak ini, aku sampai masih menyempatkan meladeni tantangan teman-teman pas traveling ke Yogyakarta.

Duel 6 Ronde

Namanya duel, pasti games ini harus dimainkan oleh dua orang. Untuk bisa bermain dalam Duel Otak smartphone kita harus terkoneksi dengan internet. Sesuai dengan namanya, dalam permainan ini kita tidak bermain tembak-tembakan atau mungkin berkelahi via aplikasi, tetapi mencoba mengasah kemampuan umum kita.

Ada 2 jenis mode permainan yang bisa dipilih dalam Duel Otak ini, yaitu Klasik dan Taktis. Kalau kita memilih mode Klasik, kita akan bermain tanpa ada bantuan sama sekali. Berbeda dengan mode Klasik, kita akan diberi 3 pilihan bantuan, antara lain menghilangkan 2 jawaban yang salah, mengetahui jawaban terbanyak dari pertanyaan tersebut serta yang terakhir bisa memilih 2 jawaban.

Permainan ini terdiri dari 6 ronde. Di setiap ronde, masing-masing pemain akan menjawab 3 pertanyaan berdasarkan kategori yang dipilih oleh salah satu pemain. Dalam sekali permainan 6 ronde tersebut, masing-masing pemain punya kesempatan memilih kategori sebanyak 3 kali. Tiga sisanya dipilih oleh pemain lawan. Pemenang ditentukan jumlah jawaban benar yang diperoleh pemain selama 6 ronde tersebut.

Screenshot_2015-11-20-14-54-54

Tampilan Games Duel Otak

Ketika kita menang, kita akan mendapatkan beberapa tambahan skor (yang kalau dalam games ini disebut dengan “peringkat”). Kalau kita kalah, kita skor/peringkat kita akan dikurangi. Penambahan dan pengurangan peringkat ini sepertinya berdasarkan mode permainan (Klasik/Taktis) serta selisih nilai dalam permainan. Oh iya, kalau kita menyerah di tengah permainan, kita akan kehilangan banyak poin.

Kategori Beragam

Pertanyaan di games Duel Otak ini cukup bervariasi. Dengan tingkat kesulitan yang menurutku cukup beragam. Ada pertanyaan yang jawabannya gampang, ada juga yang jawabnya asal-asalan siapa tahu beruntung jawabannya benar. Pertanyaan ini tidak hanya tentang Indonesia, tetapi juga tentang beberapa peristiwa ataupun istilah dari luar negeri. Ternyata, kategori dalam Duel Otak ini ada 19 kategori pertanyaan. WOW!

  1. Iman & Kepercayaan
  2. Seputar Dunia
  3. Jelajah Ilmu
  4. Uang & Kekuasaan
  5. Video Game
  6. Musik & Hits
  7. Sinema
  8. Buku & Kata
  9. Sejarah & Legenda
  10. Sejarah Modern
  11. Layar Kaca
  12. Flora & Fauna
  13. Media & Hiburan
  14. Olahraga & Permainan
  15. Komik & Kartun
  16. Kuliner
  17. Teknologi
  18. Seni & Budaya
  19. Tubuh & Kesehatan

Dalam games ini, pemain juga bisa mengirimkan pertanyaan yang kita buat sendiri. Untuk mengirimkan pertanyaan, kita bisa memasukkan kategori, pertanyaan yang diajukan serta pilihan jawabannya (1 jawaban yang benar dan 3 jawaban yang salah).

Screenshot_2015-11-20-15-34-46

Tampilan Games Duel Otak

Setiap pertanyaan yang dikirimkan, tidak langsung akan ditampilkan dalam pertanyaan games ini.  Pertanyaan tersebut akan dikaji dan diseleksi terlebih dahulu oleh tim administator Duel Otak, jika memenuhi kriteria akan diterbitkan. Aku sudah mencoba mengirimkan kurang lebih 8 pertanyaan, tetapi belum juga diapprove. Padahal sih, sesuai di Syarat dan Ketentuan, kriterianya juga bukan termasuk kriteria yang sulit, antara lain :

  • Pertanyaan belum ada dalam database
  • Materi tidak mengandung unsur SARA dan menyinggung pihak lain
  • Materi tidak mengandung rincian yang terlalu spesifik untuk masyarakat Indonesia umumnya
  • Materi tidak mengansung kesalahan fakta yang terlalu berat untuk perbaikan sederhana
  • Tidak Berisi materi yang melanggar hukum

Bisa Tahu Kamu Lebih Expert di Bidang Apa

Dalam edisi Premiumnya, Duel Otak ini memberikan fitur Statistik, yang bisa melihat data permainan yang sudah kita lakukan. Informasi yang ditampilkan dalam fitur Statistik ini antara lain :

Screenshot_2015-11-20-16-12-08

Tampilan Games Duel Otak

  • Peringkat/skor kita dalam permainan ini
  • Jumlah duel yang sudah kita mainkan, dan persentase duel yang kita menangkan, yang kita kalah maupun yang kita seri. Persentase ini juga ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran
  • Jumlah duel sempurna, mungkin duel yang bisa benar semua 18 pertanyaan tersebut.Tapi aku belum pernah.
  • Peringkat/skor dalam mode Taktis
  • Persentase jawaban benar dari setiap kategori. Nah, dari persentase ini kita bisa tahu nih, sebenarnya pengetahuan kita tuh sebenarnya lebih banyak dalam kategori apa sih. Lima kategori yang aku paling banyak benarnya adalah Jelajah Ilmu, Tubuh & Kesehatan, Iman & Kepercayaan, Seputar Dunia serta Uang & Kekuasaan. Nah, kalau  kategori terendah, pastilah yang hubungannya sama games, musik, olahraga, acara televisi dsb. Secara, dari kecil uda ga terlalu sering nonton televisi, main video game ataupun ngurusin olahraga.
  • Peringkat/Ranking kita dibandingkan jumlah pemain yang bermain dalam Duel Otak ini se-Indonesia. Nah, pas ini ditulis, aku berada di peringkat 50,076 dari 4,646,354 pemain. WOW, masih jauh
  • Statistik vs Teman, nah di bagian ini kita bisa tahu nih kira-kira rangkuman duel kita dengan masing-masing teman kita. Berapa kali kita menang, seri maupun kalah. Tapi ini hanya bisa dibandingkan kalau kita sudah add/tambah lawan kita sebagai Teman.

Tipe Pemain Duel Otak

Setelah lebih dari 150 permainan, jadi bisa membaca beberapa karakter pemain Duel Otak nih, contohnya :

  • Tipe pemain yang penasaran dan ambisius pingin menang. Tipe yang ini biasanya akan minta Duel Ulang lagi kalau misalkan kalah dalam duel
  • Tipe pemain yang gengsian, dia ga akan lebih dahulu menantang temannya sendiri. Kalau kalah pun dia ga akan tergoda untuk Duel Ulang, biar ga kelihatan ambisius. Nah kalau yang kaya gitu ya aku.

Tapi, Duel Otak memang hanya permainan. Jadi, jangan terlalu dibawa serius. Toh, si Bos atau klien ga akan nanyain nilai Duel Otak kita pas presentasi final report. Anggap aja Duel Otak ni buat belajar dan nambah ilmu pengetahuan.

Kalau berminat duel sama aku, ID-ku : neserike. Ditunggu tantangannya ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s