Wa’alaikumussalam Paris!!!

 

Ini bukan tentang cerita waktu ke Paris sih, karena saya sendiri belum pernah ke Paris. Tapi memang berdoa sih supaya bisa ke Paris. Aamiin. Tulisan ini sedikit review tentang salah satu film Indonesia yang judulnya “Wa’alaikumussalam Paris”, tayang sekitar pertengahan Maret 2016 lalu.

Waalaikumussalam Paris.jpg

Poster Wa’alaikumussalam Paris

Pertama kali tahu ada film ini dari Twitter-nya si Ika Natassa.

Kok kayaknya menarik juga, dulu sempet ada film “Assalamualaikum Beijing”, eh kali ini ada film “Waalaikumussalam Paris”. Langsung penasaran deh, trus cari trailernya di Youtube.

Trailernya aja udah lucu, bikin ketawa ngakak, apalagi pas bagian Nino bilang “Sakinah, Mawaddah, Waa….” trus Velove jawabnya “Wassalam”. Oh iya belum sempat kasih tahu ya kalau film Waalaikumussalam Paris ini dibintangi sama Nino Fernandez dan Velove Vexia. Ehh uda keliatan ya di poster dan trailernya.

Cerita Waalaikumussalam Paris ini bermula dari seorang gadis Sunda bernama Itje yang menikah dengan bule Prancis yang bernama Clement, yang lebih sering dipanggil dengan nama Emen. Si Itje ini excited banget nikah sama bule. Karena bule, Itje berpikir bahwa Emen adalah seorang pengusaha. Sebelum diboyong ke Paris, Itje sudah membayangkan akan berwisata ke Paris, belanja-belanja, bisa selfie dengan background Menara Eiffel dan juga posting foto-fotonya ke media sosial.

Sesampainya di Prancis, ternyata mereka hanya sekedar melewati Paris. Sayangnya pas lewat Menara Eiffel, si Itje malah ketiduran karena selama di pesawat Itje tidak tidur saking excited-nya mau ke Paris.

Dan ternyata, sampailah mereka di rumah Emen, yang ternyata terletak di pedesaan kawasan perkebunan anggur. Sebenarnya tempatnya keren dan asri. Tapi sayangnya di sana tidak ada sinyal seluler, sehingga Itje pun kebingungan karena tidak bisa pamer di media sosial. Untuk telepon orang tuanya pun, Itje harus pergi ke kota terdekat naik sepeda.

Itje mulai tidak kerasan tinggal di rumah perkebunan tersebut. Itje sempat ngambek karena tahu kalau Emen bukan pengusaha, tetapi pekerja perkebunan anggur (lebih tepatnya pemilik sih). Dan Itje pun seringkali menagih janji untuk jalan-jalan ke Paris. Di sela-sela kebosanannya, Itje pun bertemu dengan Dadang (diperankan oleh Tanta Ginting). Di lain pihak, ternyata mantan si Emen yang namanya Camille, tiba-tiba datang kembali.

Film ini lucu, ringan dan diselingi dengan berbagai guyonan dan sindiran yang konyol. Salah satunya sindiran tentang gadget addicted yang sudah melanda sebagian besar orang. Terbiasa dikit-dikit posting, gara-gara ga ada sinyal, terus bad mood.

Sedikit sindiran juga tentang keluarga zaman sekarang. Emen diceritakan merupakan seorang mualaf, bukan hanya sebagai syarat untuk menikahi Itje, tapi karena juga latar belakang Emen yang ternyata almarhumah Ibunya adalah orang Sunda yang beragama Islam. Sebagai seorang mualaf, Emen pun bersemangat belajar lebih banyak tentang Islam, tetapi ternyata si Itje sendiri pun belum bisa menjadi muslim bahkan guru yang baik buat Itje. Emen sempat menyindir Itje yang bilang Islam sejak lahir, tapi selama di Paris, Emen belum pernah melihatnya sholat. Emen pun banyak belajar dari buku-buku Islam yang dibawanya dari Indonesia, termasuk buku tentang keluarga sakinah. Meskipun mualaf, Emen pun ternyata teguh memegang agama barunya. Termasuk dengan keputusannya untuk meninggalkan perkebunan anggur warisan ayahnya, karena kurang cocok dengan agama Islam yang baru dianutnya.

Satu lagi yang menarik, dari film ini kita akan belajar bagaimana tentang mengatur ekspektasi. Seperti ekspektasi Itje yang akan tinggal mewah dan bahagia di Paris, yang ternyata kenyataannya hanya tinggal di perkebunan anggur. Sebagaimana kita belajar mengatur ekspektasi akan sebuah hubungan. Jangan menaruh harapan terlalu tinggi, karena akhirnya akan sakit banget kalau cuma sekedar PHP. #eeeeeeaaaaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s