Kelas Inspirasi, My Personal Social Responsibility

Kelas Inspirasi LAGIII!!!..

Setelah vakum beberapa waktu dari kegiatan ini, akhirnya di bulan Oktober ini diberi kesempatan waktu untuk kembali mengikut kegiatan kece ini. Gresik saya pilih sebagai lokasi Kelas Inspirasi kali ini. Sebelum ini ada beberapa wacana mengikuti Kelas Inspirasi di kota luar Jawa Timur, tetapi apa daya deadline dua project bertubi-tubi di bulan Agustus – September lalu. Selain jaraknya yang cukup dekat dengan Surabaya, jadi tidak perlu memikirkan masalah transportasi akomodasi, kota sebelah ini juga cukup punya kedekatan emosional dengan saya #eeeaaaa.

Tidak sedikit yang bertanya “Neser, ikut Kelas Inspirasi lagi?”.. Yups, kegiatan ini “nagih”, meskipun saya bukan tipe pengajar yang cocok untuk anak SD. Kelas Inspirasi ini sekarang menjadi program pribadi untuk diri saya sendiri. Saya bikin istilah ala-ala, Personal Social Responsibility (PSR). Kalau perusahaan punya CSR, saya punya PSR.

Di Kelas Inspirasi Gresik ini, saya ditempatkan di Kecamatan Benjeng. Sebuah kecamatan yang berada di selatan kota Gresik. Tepatnya di SDN Jogodalu. Tiga kali menjadi relawan pengajar di Magetan, merasakan suasana alam lingkungan yang berbeda di daerah Benjeng ini. Kalau Magetan biasanya agak adem, minimal teduh lah, daerah Benjeng ini cukup panas menyengat.
Dari program PSR ini, begitu banyak inspirasi yang membuka mata. Kalau biasanya hanya berkutat dan mengeluh dengan pekerjaan kantor yang bejibun, di Kelas Inspirasi ini saya bisa mendapatkan berbagai insight melihat kondisi siswa dan sekolah, yang membuat saya terus bersyukur dengan pencapaian dan pengalaman yang sudah saya lalui sampai sekarang ini.

Kondisi sekolah ini, memang masih layak, tetapi masih jauh dari kata “bagus”. Lapangan untuk upacara masih berupa tanah, yang panas dan kering sewaktu musim kemarau dan bisa saja becek di waktu musim penghujan. Kondisi lingkungan yang panas dan kering, membuat kawasan sekolah menjadi gampang berdebu dan terkesan kurang bersih. Yang menyedihkan, bendera kebangsaan kita di SDN Jogodalu ini lebih cocok dibilang berwarna peach – putih, saking lusuhnya.  Entah kemana APBN untuk pendidikan yang katanya 20% tersebut. Apakah tidak sampai ke sekolah atau mungkin ketlisut? Hehehehe.

Upacara di SDN Jogodalu, dengan Bendera Peach - Putih

Upacara di SDN Jogodalu, dengan Bendera Peach – Putih

Daerah Gresik yang terkenal sebagai kota Santri, ternyata diterapkan di sekolah ini. Dilihat dari seragam siswa yang menggunakan pakaian muslim. Siswa laki-laki menggunakan celana panjang berwarna merah. Begitu  juga dengan siswa perempuannya, mereka menggunakan rok merah panjang, kemeja putih panjang dan tentu saja jilbab berwarna putih.

Tidak berbeda jauh dengan keadaan guru di sekolah asal saya di Magetan, ternyata beberapa guru di sini juga masih datang telat ke sekolah. Ketika upacara bendera dimulai pukul 07.00 lebih, ternyata ada beberapa guru yang belum datang, dan baru datang beberapa menit kemudian. Tidak hanya guru, beberapa siswa pun baru datang ketika upacara berlangsung. Sebagian besar siswa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah, dilihat dari jumlah sepeda di lingkungan sekolah sekitar 39 sepeda. Beberapa siswa kelas 1 dan 2 ada yang diantar oleh orang tuanya menggunakan sepeda.

Berpengalaman menjadi relawan pengajar tiga kali, ternyata belum membuat saya mahir mengajar siswa SD, terutama dalam manajemen emosi. Di Kelas Inspirasi Magetan #1, saya masih kehabisan akal menghadapi siswa kelas 1-2. Sedangkan di Kelas Inspirasi Magetan #2, saya kelabakan ketika menjadi fasilinspirator (fasilitator sekaligus inspirator). Di Roadshow Kelas Inspirasi Magetan, saya kurang bisa mengatur emosi dengan sesama fasilitator. Nah di Kelas Inspirasi Gresik ini, saya kewalahan menghadapi siswa laki-laki kelas 5-6 yang super duper mbethik. Perlu banyak belajar lagi nih.

Kelas Inspirasi, selalu memberi pengalaman yang berkesan dan membuat selalu ingin berpartisipasi lagi. Dengan banyak belajar dan mencari referensi metode lagi, saya mulai bersiap-siap untuk berpartisipasi di Kelas Inspirasi Malang dan tentu saja untuk Kelas Inspirasi Magetan #3..

SALAM INSPIRASI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s