Sowan Sekolah Kelas Inspirasi Gresik : Ternyata Kami Masih Lekat di Ingatan Siswa SDN Jogodalu

Setelah pelaksanaan Hari Inspirasi tanggal 12 Oktober 2015 lalu, Kelas Inspirasi Gresik melaksanakan kegiatan lanjutan bertajuk “Sowan Sekolah”. Sesuai dengan nama kegiatannya, relawan Kelas Inspirasi kembali berkunjung ke sekolah yang menjadi Zona Inspirasi. Sebenarnya acaranya hanya sekedar menyerahkan foto bersama sewaktu Hari Inspirasi sambil kembali bersilaturahmi.

SDN Jogodalu, yang menjadi Zona Inspirasi untuk saya, kebetulan mendapat jadwal Sowan Sekolah tanggal 23 Januari 2016 kemarin. Mumpung lagi longgar Sabtu itu, saya memutuskan untuk ikut. Dari total 10 relawan yang tahun lalu ditempatkan di SDN Jogodalu, 6 relawan yang bisa ikut dalam kegiatan Sowan Sekolah tersebut. Jumlah tersebut cukup banyak jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang lain. Relawan SDN Jogodalu yang ikut serta antara lain saya, Mas Adit (relawan pengajar), Mas VJ dan Mba Ovi (pasangan suami istri relawan FG da fasilitator), Mitha (fasilitator) dan Bagus (fasilitator). Bagus ini sebelumnya sempat galau mau ikut atau tidak karena kebetulan bertabrakan dengan jadwal piket masuk kerja. Tapi, pagi sebelum berangkat akhirnya Bagus memutuskan untuk ikut sowan ke SDN Jogodalu.

Kami berkumpul di GKB sekitar pukul 7 pagi, kecuali Bagus yang menunggu di daerah Cerme. Dalam kondisi cuaca yang agak mendung, kami pun berangkat menuju Benjeng. Perjalanan Gresik – Benjeng melewati jalan raya yang pada pagi itu cukup banyak dilewati oleh kendaraan besar berupa truk. Saya yang membonceng Mitha pun sedikit ketinggalan di belakang dibandingkan Mas Adit dan Mas VJ yang lebih berani bermain manuver dengan truk-truk tersebut. Sesampainya di Cerme kami disambut dengan hujan gerimis dalam kondisi cuaca yang panas. Dalam perjalanan Cerme – Benjeng pun kami disuguhi pemandangan pelangi yang indah. Subhanallah. Sayangnya lagi nyetir jadi ga sempet foto. Tapi serius, indah banget.

Mas Adit dan Mas VJ tentu saja sampai di SDN Jogodalu lebih dahulu. Sesampainya di parkiran sekolah, di balik jendela dan pintu kelas, terlihat para siswa yang mengintip kami. Mungkin sambil berbisik-bisik “Mba Mas itu datang lagi”. Sambil menunggu Bagus yang katanya masih “otw” kami pun masuk terlebih dahulu ke ruang guru. Ternyata pada hari tersebut, Ibu Kepala Sekolah berhalangan hadir karena ada acara. Setelah Bagus datang, kami pun menyerahkan foto kegiatan Hari Inspirasi kepada pihak sekolah. Dan tentu saja dilanjutkan dengan foto bersama dan juga foto selfie.

DSC_0889.JPG

Foto Wefie dengan Guru SDN Jogodalu

Kami pun minta waktu kepada pihak sekolah untuk berkunjung ke kelas sebentar, melihat beberapa siswa yang dari sudah keluar masuk kelas sambil mengintip kami yang berada di ruang guru. Agak bingung sih sebenarnya ke kelas mau ngapain, ga ada persiapan ngajar sebelumnya. Akhirnya kami pun hanya sekedar menyampaikan informasi bahwa foto mereka masuk koran. Dan ternyata mereka sudah tahu. Hahahahaha, garing akhirnya. Bahkan beberapa siswa protes karena yang masuk koran bukan foto mereka tapi foto kelas yang lain.
Untuk sedikit meramaikan suasana, kami pun mengajak mereka untuk melakukan ice breaking seperti yang pernah dilakukan sewaktu Hari Inspirasi. Mereka masih ingat lho ternyata. Yang paling petjah sih tetep pas sesi foto selfie bareng. Raaaameee. Pada rebutan posisi terbaik deh.

DSC_0907.JPG

Posisi Terbaik Biar Semua Keliatan

Selesai sesi foto, beberapa siswa perempuan menghampiri kami dengan membawa buku tulis. Minta tanda tangan katanya. Serasa artis aja. Sebelum tanda tangan, saya menulis pesan kepada mereka untuk tetap rajin belajar dan berdoa agar tercapai cita-citanya. Tidak cuma 1-2 siswa yang minta tanda tangan, banyak juga ternyata. Sampe capek nulis kesan pesan dan tanda tangannya.

DSC_0908

Pesan untuk Siswa SDN Jogodalu

Setelah antrian tanda tangan berakhir, salah satu siswa mengajak saya ke kelas paling ujung. Dan sesampainya di sana, ternyata di papan tulis sudah siap sebuah tulisan sebagai berikut :

Kami sayang kalian

Kelas Inspirasi

Inspirasi Mimpi Anak Indonesia

VJ, Adit, Neser, Mitha, Bagus, Ovi, Intan, Zoya, Herman

Melihat itu spontan saya bilang “Lucccuuuuu” sambil merasa terharu. Tidak hanya mengabadikannya dalam bentuk foto, kami pun meminta mereka untuk kembali meneriakkan jargon Kelas Inspirasi dan merekamnya dalam bentuk video. Oh iya, ini yang nulis ini siswa perempuan. Yang siswa laki-laki mah ga seheboh ini. Malah si anak mbethik yang satu itu sok gaya mengusir-ngusir kami. Hahahahaha.

DSC_0911.JPG

Satu Kata : TERHARU

Kegiatan di SDN Jogodalu hari itu ditutup dengan makan bersama. Hahahaha. Kebetulan pemilik rumah dengan sekolah sedang ada hajatan. Jadinya kami dapat cipratan makanan deh. Alhamdulillah. Terima kasih SDN Jogodalu. Kami tadi memang belum sarapan. J

Ternyata makan-makan kami tidak berhenti sampai di SDN Jogodalu. Kami pun kembali ke Gresik dan mencoba menikmati kuliner Martabak Mercon, demi menuruti saya yang lagi pingin banget martabak usus khas Gresik. Karena kebetulan yang punya kedai martabak ini adik angkatan saya, dan sudah saya sepik-sepik di Facebook, Alhamdulillah dapat bonusan. Hehehehe. Meskipun sewaktu makan ada beberapa yang zonk salah ambil karena bentuk martabaknya hampir sama dan tidak dipisah berdasarkan jenis martabaknya. Keseruan rombel SDN Jogodalu hari itu ditutup dengan wacana untuk nonton bareng. Jadi, mari kita tunggu, apakah hanya sekedar wacana?

DSC_0922.JPG

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s