Ada Apa dengan Jogja?.. Eehh.. Ada Apa dengan Cinta 2?

 

Generasi 80-an pasti kenal dengan film “Ada Apa dengan Cinta?”. Setelah perfilman Indonesia begitu lama vakum, di tahun 2002 muncullah angin segar dengan keluarnya film AADC yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Film ini bisa menarik kurang lebih 2.700.000 penonton (Sumber : www.filmindonesia.or.id). Drama ala SMA milik Rangga – Cinta benar-benar masih melekat erat di benak para penontonnya.

Tahun 2014 lalu, LINE, salah satu produk instant messaging asal Korea memanfaatkan kerinduan penonton terhadap Rangga – Cinta ini sebagai salah satu media promosi untuk salah satu fitur terbaru mereka. LINE membuat sebuah mini drama berdurasi kurang lebih 10:25 menit tentang kelanjutan cerita Rangga – Cinta setelah Rangga pindah ke New York. Nih, videonya.

 

Bikin baper banget dan membuat orang semakin penasaran tentang kelanjutan cerita Rangga – Cinta, yang masih dibuat sedikit menggantung di mini drama ini. Banyak fans Rangga – Cinta yang meminta agar dibuatkan sekuel dari AADC ini. Gayung pun bersambut, entah memang sudah direncanakan sebelumnya atau karena boomingnya mini drama, akhirnya Mira Lesmana bersama tim mengumumkan akan membuat lanjutan AADC ini.

Teaser berdurasi 30 detik pun keluar, yang tentu saja semakin membuat penasaran. Rangga masih tetap dengan puisinya yang bikin baper. Teaser banyak memperlihatkan adegan antara Rangga dan Cinta serta sedikit adegan Geng Cinta (Maura, Milly dan Karmen). Oh iya, pihak Miles juga sudah mengumumnkan secara resmi  bahwa “Alya” tidak akan ada di film ini karena Ladya Cherryl sedang menyelesaikan sekolahnya, dan tokoh Alya tidak akan digantikan oleh aktris siapapun.


Di awal Maret 2016, setelah menunggu 14 tahun lamanya, official trailer AADC 2 berdurasi 01:54 menit pun akhirnya launching.?


Trailer ini pun memperlihatkan bahwa AADC 2 juga akan mengambil setting di Jogja. Ada apa dengan Jogja. Pertama kali melihat, trailer ini rasanya tidak segreget mini drama ataupun teasernya. Apa karena ga ada puisinya ya? Tapi, satu adegan di trailer ketika Rangga dan Cinta bertemu di sebuah kafe menjadi viral dan banyak dibuat meme di media sosial.

                Rangga                : Apa yang saya lakukan ke kamu itu nggak adil.

                Cinta                     : Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu JAHAT!

Nih contoh memenya.

With Achim, Syinta, Indah and Chii Pricillia

Meme ala Arek Suroboyo

Tanggal 28 April 2016 pun tiba. Setelah sebelumnya galau pinginnya nonton di Jogja aja, karena kebetulan tanggal 30-nya saya berencana ke Jogja. Kan rasanya greget gitu ya kalau bisa nonton pas di Jogja. Apalagi premiere film ini juga diadakan di Jogja. Tapi ternyata rasa penasaran saya membuat saya ingin melihat film ini di hari pertama. Jam makan siang saya gunakan untuk membeli tiket bioskop di mall tidak jauh dari kantor. Dan, berhasil saya berhasil mendapatkan 2 tiket untuk saya dan teman saya, Ainy.

Pemutaran film jam 20.30 pun penuh penonton, bahkan saya melihat dua pasangan muda menonton dengan menggendong bayinya. Demi nih, demi Rangga dan Cinta, demi AADC 2. Semoga tidak mengecewakan. Meskipun trailer-nya terkesan datar, tapi cerita di film AADC 2 ini lebih greget. Twist ceritanya tidak mudah ditebak.

Jangan berharap sepanjang cerita akan penuh dengan keromantisan ataupun kebaperan, film ini ternyata dipenuhi beberapa adegan yang lucu dan konyol. Milly, masih sama seperti SMA, yang masih saya lucu dan agak lola (loading lama, red). Beberapa percakapan Rangga – Cinta pun terkesan konyol, mirip ABG zaman sekarang. Rangga yang mulai pinter nggombal dan pandai memanfaatkan suasana dan Cinta yang sok-sok jaim padahal ketawa ketiwi.

Yang masih belum selesai dengan masa lalu, dijamin baper kalau liat film ini. Bahkan katanya ada survei seusai red carpet premiere AADC 2 yang hasilnya “7 dari 10 penonton AADC 2 ingat mantan, 5 di antaranya hendak menyelesaikan masa lalunya di Jogja”. Yang pasti saya tidak termasuk dalam 7 atau 5 ini sih, karena setelah nonton saya ga inget mantan dan saya tidak ingin menyelesaikan masa lalu di Jogja, karena kan memang sudah selesai dari dulu.

Alamanda Shantika (latest account).jpg

Survei Usai Red Carpe

Berbicara tentang mantan dan hubungan, ada 2 percakapan yang paling saya ingat di AADC 2 ini.

“Ditinggal gitu aja tanpa kejelasan itu ga enak” – Karmen –

               

Rangga             : Itu bukan salahmu, itu salah saya

Cinta                  : Itu alasan klise, yang biasa dikatakan cowok yang ga punya nyali buat mutusin ceweknya.

(ada curhat terselubung di balik tulisan ini, #eeeaaaa)

 

Film ini mencoba mengeksplor sisi lain dari Jogja, beberapa lokasi wisata yang keren tapi kurang dikenal. Bisa dipastikan setelah menonton film AADC 2 ini, lokasi wisata tersebut pasti akan bertambah banyak pengunjung. Yah semoga saja, bertambahnya pengunjung tidak akan merusak tempat wisata dengan sampah dan keusilan tangannya ya. Aamiin.

Keberhasilan AADC 2 meraih 2.000.000 penonton di hari kedelapan penayangan, tentu tidak bisa dipisahkan dari magnet puisi yang “dituliskan” dan dibaca oleh Rangga. Puisi-puisi Rangga tersebut ditulis oleh Aan Mansyur yang sudah dikumpulkan dalam buku Tidak Ada New York Hari Ini yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran film AADC 2. Dan buku ini juga ikut laris. Tidak semua puisi yang ada di buku tersebut dibacakan di AADC 2. Tapi serius, buku ini juga bikin baper tingkat dewa. Mba Dian Sastro aja yang sudah punya suami dan 2 anak bisa baper baca buku ini, apalagi saya.

Dan serius, AADC 2 ini bikin pingin nonton lagi dan bikin pingin ke Jogja lagi. Sekian. J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s