Kami Pun Mulai Butuh yang Lebih Cepat dan Lebih Pasti

 

Eitssss, jangan baper, ini bukan masalah perasaan, pasangan dan lain sebagainya. Neser aja yang pingin bikin judul nyeleneh. Mungkin agak berat dikit ya bahasannya, tentang pergeseran kebutuhan konsumen di Indonesia, terutama generasi millenial.

Salah satu hasil riset Youth, Women dan Netizen yang diselenggarakan oleh MarkPlus Insight di tahun 2014 menyebutkan bahwa ketiga segmen tersebut mempunyai anxieties & desires “To Be Faster, Better and Easier”. Bener ga sih ini? Oke, aku akan coba menceritakan beberapa pengalamanku dalam pemilihan produk ataupun layanan yang mempertimbangkan kecepatan, kualitas lebih baik dan kemudahan.

  1. Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Sistem Online

Tulisan tentang pembayaran pajak kendaraan bermotor ini sebenarnya sudah sempat aku tulis di postingan-ku beberapa waktu lalu. Kebetulan waktu itu aku bandingkan dengan pembayaran denda untuk SPT. Tulisan ini sempet menuai beberapa komentar dari teman-teman terutama yang bekerja di perpajakan. Hehehehe.

 
https://neserike.com/2015/11/06/bayar-denda-telat-spt-vs-bayar-pajak-motor-mana-yang-faster-better-dan-easier/
 

Di Jawa Timur terutama, pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online. Jadi aku yang numpang sementara di Surabaya itu tidak perlu jauh-jauh pulang ke Magetan hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Yang penting, syaratnya lengkap. Syaratnya pun juga mudah, hanya butuh STNK dan KTP asli sesuai STNK. Untuk memudahkan masyarakat, beberapa Samsat Corner sudah disediakan di penjuru Surabaya, bahkan beberapa masih buka  di akhir pekan.

Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, tidak ada 30 menit mungkin. Beda jauh dengan waktu yang aku butuhkan untuk mendatangi kantor Samsat di Magetan kalau dari rumah. Nasib rumah di antah berantah. Dengan ini aku tidak perlu menghabiskan jatah cuti, lumayan bisa dihemat buat liburan.

Cukup cepat dan mudah bukan?

 

  1. Beli Tiket Kereta Api

Dua tahun terakhir kayaknya mulai jadi anak kereta. Terminal bus yang kadang sudah kurang manusiawi terutama pas long weekend, membuatku memilih kereta sebagai sarana transportasi ketika pulang kampung ke Magetan. Awal-awalnya sih memilih beli tiket beberapa hari sebelumnya di stasiun, dengan alasan lumayan lah biaya parkir di stasiun lebih murah dibandingkan biaya admin kalau beli online.

Namun lama kelamaan, melihat antrian di stasiun yang cukup lumayan, akhirnya memilih melakukan pembelian tiket kereta secara online. Kalau beli tiket kelas bisnis atau eksekutif lumayan ga ada biaya administrasi. Tapi kalau beli tiket kelas ekonomi, kena biaya administrasi Rp 7,500 per transaksi (maksimal 4 penumpang). Ya ga pa-palah Rp 7,500 yang penting PASTI dapat tempat duduk. Apalagi kalau pas lihat sisa tempat duduk yang tinggal sedikit, buru-buru booking deh dan langsung bayar pake metode pembayaran yang digunakan salah satu bank swasta, sebut saja BCA Klikpay. Daripada nunggu balik kantor dan beli di stasiun, keburu abis tiketnya. Nanti tinggal masukkan kode booking ke mesin cetak yang sudah tersedia di stasiun, tanpa perlu antri yang cukup panjang.

Salah satu pengalaman tentang memilih yang lebih cepat aku alami sewaktu membeli tiket kereta di Stasiun Madiun beberapa waktu lalu. Jadi ceritanya aku baru datang dari Yogya hari Minggu, rencananya balik ke Surabaya di hari Senin (kebetulan cuti). Karena memang rencana pulang dadakan, aku belum beli tiket balik seperti biasanya. Ketika perjalanan Yogya – Madiun, aku berencana akan membeli tiket langsung di loket Stasiun Madiun.

Sampai di Madiun, ternyata loketnya cukup antri dan aku tidak punya waktu banyak untuk menunggu. Aku melihat ada satu ATM di stasiun, dan langsung aku buka aplikasi KAI Access untuk memesan tiket, dan segera melakukan pembayaran di ATM. Pembayaran selesai langsung deh pergi ke mesin cetak tiket. Ga sampai 10 menit, lumayan daripada antri. Kalau antri, sekitar 30 menit mungkin. Kadang kita memang merelakan sedikit uang agar kita bisa dapat yang lebih cepat dan lebih pasti. Dalam artian positif tentunya. Jadi sepertinya lumayan bener kalau waktu adalah uang, dalam kasus ini.

 

  1. Beli Tiket Bioskop Online

Baru-baru ini salah satu start up yang lagi ngehits di Indonesia (sebut saja Go-Jek) mengeluarkan salah satu fitur terbaru untuk pembelian tiket bioskop secara online. Buat aku yang suka nonton kaya gini, fitur ini tuh juaraaa (sambil angkat dua jempol niruin gaya Milly di AADC2).  Kita cuma tinggal milih lokasi kota, film yang akan kita tonton dan di bioskop mana kita mau nonton. Oh iya, sementara sih fitur yang masuk dalam Go-Tix ini baru bisa digunakan di jaringan bioskop CGV Blitz.

Kita juga bisa milih kursi lho di sini. Ga perlu daftar member CGV, yang penting punya aplikasi Go-Jek yang udah all in one itu, bisa deh pesen tiket di sini. Nanti sih tiketnya ga akan diantar sama MasMas Go-Jek ke tempat kita. Tapi, seperti kalau pesan tiket kereta, kita akan dapat booking code yang tinggal di­­-input saja ke mesin cetak tiket yang tersedia di CGV Blitz. Membantu banget kan, apalagi buat aku yang sok super sibuk tapi sukanya nonton kalau abis jam kerja. Daripada mepet-mepet menembus macetnya Surabaya pas pulang kantor biar ga keabisan tiket, mending pilih pake Go-Tix aja, ga pa-palah kena charge tambahan Rp 5,000 tapi dapet yang pasti-pasti. Dan pengalaman salah satu temen kantor, dalam seminggu dia bisa nonton 3 kali, gara-gara ketagihan fitur ini.

 

Jadi, bener ga sih kalau sekarang memang zamannya yang lebih cepat dan lebih pasti?

 

 

Disclaimer : Tulisan ini tidak mengandung niat promosi ataupun endorse lembaga ataupun produk manapun. Tulisan ini murni pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan layanan yang lebih cepat, lebih baik, lebih mudah dan lebih pasti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s